Ketentuan Lomba Debat KOMBI

Ketentuan Khusus Lomba Debat KOMBI 2012

Secara umum, Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat selaku penyelenggara Kompetisi Debat dan Menulis Artikel tentang BUMN Tk SMA dan Sederajat se-Indonesia (KOMBI) 2012, merancang ketentuan lomba debat dan lomba menulis artikel hampir sama dengan ketentuan lomba-lomba sejenis yang pernah dan masih diselenggarakan hingga saat ini. Selengkapnya, inilah Ketentuan Lomba Debat KOMBI 2012.

1. Lomba debat tentang BUMN ini akan mempertandingkan antar tim SMA atau sederajat di 6 kota besar di Indonesia: Jogjakarta, Surabaya, Semarang, Jakarta, Bandung, dan Palembang.
2. Setiap tim debat terdiri dari 3 orang. Setiap sekolah boleh mengirimkan maksimal 2 tim debat.
3. Peserta lomba debat adalah siswa kelas X, XI, dan XII.
4. Setiap tim debat didampingi oleh 1 orang guru pendamping/pembimbing.
5. Apabila sebuah sekolah mengirimkan lebih dari 1 tim debat, maka guru pembimbing seyogianya berlainan.
6. Peserta lomba debat KOMBI 2012 DILARANG MERANGKAP menjadi peserta lomba menulis artikel. Begitu sebaliknya.
7. Setiap tim harus mempelajari semua tema yang akan diperdebatkan saat lomba. Tema yang akan dijadikan bahan debat adalah sebagai berikut:
a) Peran perusahaan BUMN dalam mendorong pertumbuhan dan percepatan pembangunan ekonomi nasional.
b) Peran perusahaan BUMN dalam mempertahankan kedaulatan ekonomi bangsa.
c) Peran perusahaan BUMN dalam mendorong kesejahteraan ekonomi dan keadilan sosial masyarakat.
8. Pendaftaran peserta debat dilaksanakan dengan mengirimkan formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap ke Panitia Lomba melalui e-mail: kombi.indonesia@gmail.com, hingga 3 (tiga) hari menjelang hari H lomba ATAU hingga jumlah peserta lomba debat sudah mencapai 30 TIM di setiap kota. Jika jumlah peserta debat sudah 30 tim, maka pendaftaran langsung DITUTUP meskipun belum sampai batas waktu penutupan seperti ketentuan semula (H minus 3).
9. Panitia TIDAK AKAN mengadakan technical meeting.
10. Pengambilan Nomor Undian peserta debat akan diadakan pada hari H, Pk. 07.00 – 08.00 waktu setempat sambil registrasi ulang seluruh peserta lomba debat. Usai registrasi, panitia akan memberikan briefing kepada seluruh peserta sebelum lomba debat berlangsung.
11. Sejak babak penyisihan hingga final, panitia akan menggunakan tiga tema yang sudah ditetapkan sebagai bahan debat. Tema akan terus berganti, namun tetap mengacu pada ketiga tema di atas, dalam setiap putaran debat.
12. Debat ini menggunakan sistem PERINGKAT atau RANKING.
13. Pada babak penyisihan, akan diambil 10 tim dengan peringkat tertinggi/terbaik, untuk selanjutnya maju ke babak Semifinal pada hari itu juga.
14. Pada babak semifinal, akan diambil 3 tim terbaik dengan peringkat tertinggi untuk maju babak Final, guna menghasilkan juara 1 yang terbaik yang akan mewakili tiap kota dalam Grand Final KOMBI 2012 di Jakarta.
15. Panitia akan memberikan hadiah Trophy tetap dan uang pembinaan kepada juara 1 sampai 3 di setiap kota dan hadiah hiburan (souvenir) bagi peringkat 7 sampai 10.
16. Setiap debat akan bertanding 2 – 4 tim yang saling berhadapan, dengan dipandu seorang moderator, dengan durasi debat antara 15 – 30 menit, bergantung jumlah peserta yang mengikuti debat.
17. Dalam setiap sesi debat, Moderator dan Dewan Juri akan menguji peserta dengan berbagai pertanyaan yang relevan dan saling dikonfrontasi dengan tim peserta lain jika dipandang perlu.
18. Setiap putaran babak penyisihan lomba debat akan menyajikan dua sampai tiga tema yang diajukan oleh moderator yang terbagi dalam 3 (Tiga) Bagian atau Segmen:
a) Segmen I, setiap tim debat akan diminta oleh moderator untuk menyampaikan sebuah pernyataan atau jawaban awal selama maksimal 1 menit atas satu pertanyaan/pernyataan yang disodorkan oleh moderator.
b) Segmen II, moderator mempersilakan Juri untuk melontarkan pertanyaan ujian kepada masing-masing tim. Tiap tim diberi waktu maksimal 3 (Tiga) menit untuk menjawab pertanyaan juri tersebut. Tidak semua juri akan bertanya, hanya diwakilkan kepada salah satu juri di setiap putaran.
c) Segmen III, moderator akan melempar pertanyaan kedua yang akan diperdebatkan secara bebas oleh para peserta, dengan sistem rebutan (siapa cepat dia mendapat giliran pertama menjawab). Selanjutnya jika ada jawaban-jawaban yang berbeda atau berlawanan antar tim, maka tugas moderator untuk saling memperdebatkan jawaban-jawaban tersebut. Durasi perdebatan pada Segmen III ini secara keseluruhan berlangsung antara 7 – 10 menit. Saat berlangsung perdebatan bebas antartim ini, moderator akan mengendalikan suasana perdebatan agar tidak terjadi debat kusir antartim yang sedang bertanding. Dewan juri hanya akan menyaksikan dan sekaligus menilai kualitas perdebatan setiap tim tersebut.
19. Setiap pendapat memperoleh apresiasi sama. Tidak ada vonis benar atau salah dalam berpendapat atau berdebat. Juri akan menilai dari sisi substansi pendalaman masalah dan logika solusi yang ditawarkan, serta gaya komunikasi yang ditampilkan oleh peserta. Termasuk soal etika dalam berbicara.
20. Saat sesi debat berlangsung di ruangan, semua peserta (tim-tim yang sudah atau belum bertanding) diperbolehkan masuk mengikuti jalannya debat.
21. Agar tidak muncul potensi saling menjiplak argumentasi, moderator dan juri akan menyusun dan melontarkan isu-isu berdasarkan sub tema/topik yang berlainan dari topik utama yang diperdebatkan.
22. Selama perdebatan, para peserta diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia yang baku, dan bukan bahasa daerah apalagi bahasa “gaul”.
23. Dewan Juri sebanyak 3 orang (unsur Praktisi BUMN, Perguruan Tinggi, dan SPS), akan menilai performa para peserta debat. Parameter penilaian meliputi:
a) Penguasaan masalah/tema (40%) -> Juri dari unsur Kementerian BUMN/Perusahaan BUMN.
b) Logika pendapat yang dikemukakan dalam mendebat (30%) -> Juri dari akademisi PerguruanTinggi lokal.
c) Penampilan, meliputi Intonasi, gaya bicara, dan etika bicara (30%) -> Juri dari SPS Pusat.
24. Seluruh Peserta dan Guru Pendamping akan memperoleh SERTIFIKAT dari Panitia.
25. Pemenang I Lomba Debat di setiap kota terdiri dari 3 (tiga) orang siswa dan 1 (satu) orang guru pendamping, akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Grand Final Lomba Debat guna memperebutkan pemenang Tk Nasional, sekaligus beramah-tamah dengan Menteri/Pejabat Kementerian BUMN RI. Seluruh biaya perjalanan ke dan dari Jakarta ditanggung oleh Panitia.
26. Grand Final direncanakan akan diselenggarakan di Jogjakarta pada 14 Desember 2012 (menyesuaikan jadwal Menteri BUMN).
27. Pemenang I Tk Nasional dalam Grand Final Lomba Debat akan memperoleh sertifikat, trophy bergilir Menteri BUMN RI, dan uang pembinaan. Seluruh guru pendamping/pembimbing peserta grand final lomba debat, juga akan memperoleh sertifikat dan souvenir dari panitia. ***

39 thoughts on “Ketentuan Khusus Lomba Debat KOMBI 2012

    • Hallo Adam… Acara lomba debat untuk Surabaya adalah Rabu (14 Nov) pk. 07.00 – 17.00 wib, di Kantor Telkom, Jalan Ketintang Surabaya… Ditunggu partisipasinya yaa… Salam KOMBI slalu…!

    • Hallo Lestari… Peserta debat tidak perlu membuat artikel. Tinggal pelajari dan perbanyak baca saja literatur dan informasi mengenai BUMN di media massa dan buku. Lalu datang di hari H bersama anggota tim. Salam KOMBI 2012…!

  1. sore pak asmono, sps masih sibuk dengan kombi ya?
    karena saya tak bosan-bosannya lihat website feksi, masih belum ada juga post tentang g.f seminggu yang lalu. Tapi nanti dipost seperti tahun-tahun sebelumnya kan pak? lalu yang ada di post bukan hanya juara 1 nya saja kan pak? hehe. terima kasih😀

    • hallo Wulan… Materi yang diperdebatkan adalah seputar BUMN dan korporasi-korporasi BUMN. Silakan Anda baca sebanyak mungkin tentang berbagai kebijakan, pencapaian, statisik, dan seputar korporasi BUMN. Demikian dan salam KOMBI slalu…!

  2. Pak Asmo, mengenai lomba artikelnya , jika lolos tingkat kota tersebut, masihkah bersaing dengan kota lainya ? dan jika pada lomba debat Segmen III itu, apakah jawabannya ada kaitanya dengan segmen I maupun II ? trims

    • Hallo Ave… Untuk lomba artikel, jika menjadi juara tingkat kota/propinsi, maka akan diundang dalam grand final (GF) KOMBI 2012 di Jogjakarta, 14 – 15 Desember mendatang. Nanti akan diadu lagi, dengan uji materi/presentasi di depan juri untuk mempertahankan karya artikelnya. Baru akan diketahui juara nasionalnya. Untuk debat, Segmen III tidak ada hubungannya dengan pertanyaan segmen I dan II. Intinya, silakan dipelajari apapun mengenai ke-BUMN-an dan perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam jajaran BUMN. Demikian dan salam KOMBI slalu…!

    • Hallo Aditya…. Untuk memastikanya, silakan kontak koordinator KOMBI wilayah Palembang dengan Pak Yamin di nomor 085881032457 atau mbak Riska di 085310902036. Salam KOMBI slalu….!

  3. sepertinya beneran tanggal 30 ya, apa salah lihat atau memang diubah…
    bisa bisa batal ikut nih😦
    karena masih ujian sekolah

  4. salam kombi…
    di Palembang lombanya beneran jadinya tanggal 30 ya ?
    bukannya tanggal 4 desember ?

    dan lombanya dimana mulai jam berapa ?

    • Hallo Johan… Penyelenggaraan KOMBI wilayah Palembang benar akan kami selenggarakan tanggal 30 November 2012 pk 08.00 – 17.00 wib. Ditunggu partisipasinya yaa… Salam KOMBI slalu.

    • Hallo Arief… Pelaksanaan KOMBI wilayah Palembang akan diselenggarakan besok Jumat (30/11) mulai pk 08.00 – 17.00 wib di kantor cabang Pelindo II, Boombaru. Silakan hadir yaaa. Salam KOMBI slalu…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s